Konsekuensi tidak menjadi ONLY 13

ONLY13 adalah kata yang akhir-akhir ini bikin pusing kepala. Di tengah rutinitas yang sudah terbagi 2 antara kerja dan skripsi, otak dipaksa untuk fokus ke isu ini. Ini juga yang kemudian bikin gue bersitegang dengan beberapa teman. Mempertahankan prisip ONLY13 memang ga mudah, dan yahh sesekali menjadi keras kepala memang perlu sepertinya.

Postingan ini bukan mengajak antar ELF berperang, hanya ingin menjelaskan kepada mereka yang belum mengerti kenapa ONLY13 mati-matian dipertahankan. Kalaupun pada akhirnya setelah membaca ini kalian tetap tidak suka dengan ONLY13, itu hak kalian. Tapi, setiap orang punya pilihan dan tolong hargai pilihan mereka yang memilih menjadi ONLY13.

Ini bukan gue yang buat, tapi salah satu ELF, yang gue kenal udah ajumma, karena dia udah punya anak. Semoga dengan cara pendekatan penulisannya yang dewasa kalian bisa mengerti tanpa emosi.

DON’T LOOK DOWN ON US! WE ARE ELF!!

Aku percaya, banyak ELF telah melihat berbagai versi tentang ONLY13, sebagian dari kalian menyetujuinya, sebagiannya lagi tidak. Banyak versi yang tersebar dikalangan K-ELF dan C-ELF, diantaranya tersebar dari tahun 2008 sampai 2009. Aku tidak setuju kalau banyak hal yang telah berubah di tahun itu. Bagaimanapun juga, konsep dari ONLY13 masih tetap ada. Sebenarnya, aku masih tetap memegang kuat akan hal itu, dan kita seharusnya menguatkan akan prinsip itu. Tolong jangan marah dulu padaku,  perhatikan baik-baik apa yang akan aku ungkapkan.

Segi Emosional, kau pasti telah banyak mendengarnya. Karena aku adalah ELF yang lebih tua (dalam hal usia), Aku akan menunjukan hal ini dari aspek yang berbeda, bukan dengan memohon atau menangis, aku ingin menunjukan kenyataan pada semuanya.

Kenapa ONLY 13?

“ONLY 13″ bukan berarti kita ANTI kepada 2 orang lainnya. Sebaliknya, jika kalian pernah datang dimanapun Super Show 3 diadakan, kalian akan menyadari, bahwa kami menyambut mereka dengan hangat, memberikan mereka semangat. Bagaimanapun juga, bagi kita, mereka akan tetap menjadi SJM, bukan SJ. Semua orang tahu, saat Super Junior pertama kali dibentuk, mereka hanyalah sebuah project boyband beranggotakan 12 orang yang dibentuk untuk menguji tingkat penerimaan pasar. Setiap tahun, mereka diharuskan memiliki member baru yang  menggantikan member lama. Super Junior05 telah debut, dengan antisipasi setiap anggota akan diganti kapan saja.

Twins MV

TWINS sukses di tahun 2005, membuka jalan untuk Super Junior, boyband dengan member terbanyak, setiap orang memiliki kualitasnya masing-masing. ELF pun terbentuk. Kesuksesan Super Junior tidak diperkirakan oleh SME, kekuatan dan kesetiaan ELF membuat mereka ketakutan. Saat akan diadakan peluncuran U tahun 2006, promosi Super Junior kali ini pun akan membuat mereka yang merupakan pendatang baru naik ke tingkat yang lebih tinggi, tapi hal ini menimbulkan bentrokan pertama antara ELF dan SME. Saat SME memutuskan untuk menambahkan satu member, ELF menolaknya dengan keras, karena mereka berpikir dengan datangnya member baru berarti akan ada member yang digantikan, yang harus pergi. Untungnya, dengan adanya janji dari SME, dan upaya dari member baru, ELF akhirnya menerima ke 13 member Super Junior, dan Super Junior 05 secara sah menghilangkan tambahan ’05 nya, kemudian menjadi Super Junior. Kita, ELFs, sekarang memiliki magnae yang kita cintai, Cho Kyuhyun.

Aku percaya semua orang pasti tahu kalau Kyuhyun melewati saat-saat yang sulit saat pertama kali bergabung. Suatu hari saat ia mabuk dan menceritakannya kepada Ryeowook dengan bercucuran air mata “Teuk hyung tidak menyukaiku. Dia membuatku menderita..” Sekarang kalian bisa melihat kalau sang magnae begitu dimanjakan oleh hyung-hyungnya, sebenarnya dia banyak kesulitan di 6 bulan pertama sebelum semua hyung nya bisa menerima keberadaannya. Itulah kenapa Eunhyuk berkata “Yang lain tolong jangan datang ke sini, Teuk hyung tidak menyukainya”

2007 adalah tahun yang paling memilukan bagi Super Junior dan ELFs, sebuah kecelakaan serius (hampir fatal) terjadi, SJ dipaksa untuk menghentikan semua pekerjaan dan proyeknya. Aku percaya ELFs telah jelas tentang ini, jadi aku tidak perlu menjelaskannya.

2008, album ke 2 (2jib) diperingati sebagai comebacknya Kyuhyun, tetapi juga memicu bentrokan. Dalam Don’t Don MV, wajah baru terlihat, seorang pemuda bermain biola, yang diberi solo yang cukup panjang. ELFs terus memperhatikan hal ini, dan diduga SME akan melakukan beberapa trik lagi untuk menambahakan member baru. Kami pun memulai gerakan: ONLY13.

Jadi, K-ELFs melakukan protes secara diam-diam, mereka mengumpulkan dana untuk membeli 1 saham perusahaan SME, yang menyatakan ELF kini menjadi pemegang saham yang bisa ikut memilih pada setiap topik yang akan mempengaruhi perusahaan. Dan C-ELFs juga membuat proyek mengumpulkan 10 ribu tanda tangan.

Tindakan ini mungkin tampak konyol, tapi telah berhasil memaksa perusahaan untuk menyatakan: tidak ada anggota baru yang akan ditambahkan, tidak ada perubahan lineup anggota saat ini.

“wajah baru” ini, akan dimasukkan dalam SJM, sub group yang ditargetkan pada pasar Cina. Akibatnya, hal ini menjadi yang pertama dalam sejarah kpop, anggota tambahan yang tidak termasuk dalam kelompok inti, sekarang ditambahkan dalam sub group.

Sekarang, semua orang pasti bertanya-tanya kenapa kita bersikeras dengan 13? Mengapa kita tidak membiarkan keduanya ikut bergabung?

ELF tidak akan bisa memprediksi hasil akhir yang akan terjadi bila kita melakukan protes. Tapi ELFs pasti tahu hasil akhir itu jika kita tidak melakukan protes.

Beberapa tahun ini aku bahkan merasa lebih kuat. Jika kita tidak melakukan protes saat itu, maka kita akan tahu bagaimana akhir yang terjadi pada SJ.

Mari kita percepat perjalanan mereka: 2009, keadaan dorm sempat memanas dikarenakan mereka diharuskan dipisahkan di 2 dorm yang berbeda, para fans pun terbagi menjadi 2.

2010, leader dari salah satu promising boyband, dikarenakan munculnya skandal ekstrim yang berasal dari blog yang dibuatnya sebelum debut, dia meninggalkan grupnya dan manajemennya (terpaksa?/sukarela?).

2011, sebuah boyband baru telah mengganti 2 dari 7 membernya secara mengejutkan. Jika, karena kepergian salah satu member (dalam kasus kita, Hangeng) perusahaan diperbolehkan untuk menggantinya, ini juga berarti perusahaan akan diperbolehkan mengganti siapapun dengan sekehendaknya. Kita tidak bisa melawan balik : “Kalian bisa mengganti Hangeng tapi tidak yang lainnya”, karena kita telah kehilangan hak kita sebelumnya (secara hukum, jika hal ini terjadi lagi, semua kasus biasanya akan diselesaikan seperti kasus yang telah terjadi sebelumnya). Jika kepergian member dijadikan jalan penyelesaian yang sah, maka perusahaan bisa melakukannya dengan paksaan, sukarela atau pun tidak.

ELFs, coba pikirkan, kalau bukan karena fakta bahwa ELFs sangat kuat dan keras kepala akan percaya ONLY13, aku bisa memprediksikan hasil yang mungkin terjadi:

1) Member pertama yang akan diganti adalah Angel Teuk dan Flower Heechul kita.

Alasan: a. Umur mereka, mereka terlalu tua untuk ukuran  idol boyband b. Popularitas Teukie dan Heenim, dilihat dari suksesnya solo karir mereka, dengan mereka keluar, bisa memungkinkan member yang baru ikut naik daun dengan nama SJ bersamaan membangun dasar mereka c. Fan Base kedua 83liners sangat besar, mengeluarkan mereka akan membagi kekuatan ELF.

2) Kembalinya Kangin tidak bisa diprediksi.

Alasan: a. Kangin berkemauan keras, keras kepala dan pemberani, sehingga dia memiliki beberapa kasus hukum. Dilihat dari aspek perusahaan, dia adalah anak bermasalah (jika dia masih dianggap anak). Jika mereka tidak takut akan kekuatan ELF, untuk protes lainnya, aku takut akan nasib Kangin selanjutnya, dia tidak hanya dikirimkan untuk wamil, ini mungkin akan menjadi akhir baginya. Meskipun sampai sekarang, ELFs selalu memperhatikan Kangin saat dia wamil, selain merasa kehilangan, kita juga harus memastikan pada perusahaan bahwa Kangin tidak hilang dari memori para ELFs selama 2 tahun ini. Setelah kembalinya Kangin dari wamil. Konflik antara perusahaan dan ELF akan dimulai, dan nasibnya akan tergantung pada siapa yang jadi pemenang.

3) Masa depan Shindong tidak jelas.

Alasan: a. Mari kita hadapi, Shindong, telah bertahan dalam sebuah idol group selama 5 tahun, ini adalah suatu hal yang langka. Dia bisa menjadi komedian terkenal, bahkan seorang penyiar, tapi jika perusahaan memiliki kekuasaan yang absolute dalam memutuskan, apa yang kalian pikirkan, apakah mungkin dia akan terus berada dalam grup?

4) KRY akan melakukan single debut nya sesegera mungkin.

Alasan: a. Hal ini sangat jelas, KRY merupakan vokal terbaik didalam grup, memisahkan mereka pertama kali akan memudahkan perusahaan untuk mengarahkan keahlian mereka, membiarkan mereka fokus di Jepang dan Cina yang merupakan pasaran yang strategis.

5). Kembalinya Kibum mungkin akan mustahil.

Alasan: Kibum selalu menginginkan fokus dalam karir aktingnya, tapi, dia tidak pernah memiliki alasan untuk ikut partisipasi dengan aktivitas SJ. Jika perusahaan bisa dengan mudah membawakan member yang baru, maka Kibum tidak akan memiliki kekhawatiran

Setelah semua ini, Super Junior kita akan berubah drastis. Selama bertahun-tahun, berapa banyak member asli yang akan tetap utuh?? Apakah ini hasil yang kita inginkan? Para fans akan meninggalkan biasnya, dipisahkan & terbagi. Super Junior tidak akan lagi menjadi Super Band, ELF tidak akan lagi menjadi pendukung yang kuat.

Sejak saat itu, Super Junior tidak lagi akan menjadi memori berharga. ELF, yang seharusnya menjadi Malaikat Pelindungnya, akan menghilang dengang kepergian para member aslinya.

Ini mungkin menjadi alasan kenapa oppa kita lebih memilih: tidak bisa menyanyi lebih dari 10 detik disetiap lagu, tidak memungkinkan berbicara banyak disetiap wawancara, harus berhimpitan karena panggung yang penuh (beberapa harus berhadapan dengan tembok & berhenti menari), melupakan keuntungan yang lebih, lebih memutuskan untuk bersama, memperpanjang kontrak. Meski tidak bisa berkumpul ber 13 untuk sekarang, meski pun beberapa orang telah terdaftar wamil, melanjutkan solo sementara, hiatus dan belum kembali, tapi, selama mereka masih ada disini, Super Junior tetaplah Super Junior. Bagaimanapun juga, Super Junior tanpa member yang sesungguhnya, tidak akan lagi menjadi Super Junior…

Chingudeul, kalian dapat meragukan analisaku, mungkin hasilnya tidak akan seperti apa yang aku pikirkan, tapi dari hati ke hati, apakah kita bisa menjalani hasil yang seperti itu?? Mari kutekankan lagi, ONLY 13, tidak mengecualikan keduanya, kami tidak akan pernah melakukannya. Kami mencintainya dan kami pun akan melindungi mereka. Dan jika suatu saat nanti terjadi konflik, jika kita harus memilih, pilihan kita sudah jelas, yaitu member inti dari Super Junior. SUPER JUNIOR, dari Leeteuk sampai Kyuhyun tanpa ada satupun yang hilang.

SJ = SJ

If fans are not strong enough, they won’t be able to secure their idols.
You have the right to love many p
eople, but I protect the original SJ only.

Jadi sekali lagi kukatakan, ONLY13 bukanlah orang-orang egois tapi mereka adalah orang-orang yang ingin mempertahankan segala sesuatu sesuai dengan tempatnya. Super Junior tetap sebagai Super Junior dan ELF tetap sebagai ELF tanpa ada yang berubah. Dan jujur gue juga ga mau kalau nantinya ELF terpecah karena mereka mengikuti biasnya, even I’ll do that for Kibum.

Dan gue nggak akan capek untuk bilang “13 is a group and 15 is a family”, tolong jangan rubah itu dan jangan pernah ngajak gue perang untuk mempertahankan itu. Terima kasih.

Author: Jeslyn Ho
Translated by Snow Girl (www.shinningsuju.wordpress.com)
Sori, kali ini postingannya take out. I am not i a good mood untuk nerjemahin.

22 thoughts on “Konsekuensi tidak menjadi ONLY 13

  1. Thor, boleh dong share berita suju masa lalu, aku jadi elf baru 2 taunan..
    Dan nyari berita masalalu mereka yg kek gini tu nggak gampang.
    Beruntung aku nemu blog ini..
    Please ya thor.
    Kamshaamnida~~

  2. Thor, Iluminating tuh apa sih?
    Keknya itu berita lama ya, tapi kenapa jadi ada yg bahas” lagi, tolong bikinin artikelnya dong.
    Kamshaamnida~~

  3. sungguh terharu membaca ini semua, apalagi sampai mengeluarkan air mata. ini bukan bualan. tapi,ini keadaan yang sebenarnya karena kita ELF jadi kita merasakannya semua. kita yakin bahwa super junior + ELF = Kekuatan yang besar untuk tetap bertahan dalam menghadapi apapun itu.
    SUPER JUNIOR FIGHTING
    ELF THE WORLD FIGHTING

  4. aku jg berpikiran sama. Super Junior itu 13 forever.
    tp suju m itu bagian dr SJ makanya henry ama mimi juga bagian dari sapphire blue family 🙂
    prom15se to b3Lieve in 13 🙂

  5. mungkin gw salah 1 ELF yg mnganut paham ONLY13 ..
    bner kata lw bukan karena egois atw gak mau nerima 2 lg..
    gw terima HenMi tp sbg kluarga SJ..member SJ-M..
    dan bukan squad inti krna Super Junior selamanya hanya 13.. :’)

  6. jempol,, jempol,,, jempol,,,
    suka dengan cara penyampaian only 13,,,
    agak kaget karena selama ini g prnah kepikiran sejauh itu,,
    i’m kyuhyun wife, tapi tetep sedih kalo bukan 13 ,,, 🙂

  7. gue juga setuju banget ama slogan ntu “13 is a group & 15 is a family”
    gw bukan ga suka henry ama zhoumi, gue suka mereka, nerima mereka, tapi tidak untuk masuk group inti. SJ is 13.

    Lagian, kebanyakan pendukung 15 tuh emang bukan ELF, merekka ELF baru. yang aku tau c, kebanyakan dari mereka kenal suju perta,a kali dari SJM dulu, makanya jadi penganut 15.
    buat yang jadi ELF at least 3 tahun pasti ngerti deh maksud dari Only13 tuh apa…

  8. yah….gue setuju sama ini, umur gue emang muda, tapi gue kenal suju dari tahun 2005…
    dan gue juga menjunjung Only13….

  9. Aku setuju sama Kim Ryeona KRSY, nggak peduli berapapun membernya aku tetap dukung SJ dengan member yang utuh. Yang sudah terjadi biarlah terjadi. Aku tetap mendukung mereka ber-15, karena aku 15Believer. Sudah cukup dengan 15 anggota yang ada. ONLY15. Toh mereka berdua bukan orang asing lagi. Semua member dan ELFpun mengenal baik mereka hari demi hari. Setiap SuShow mereka selalu bersama. Jadi sekarang, nggak ada salahnya kalau menjadi ONLY15. Lupakan kekahawatiran masa lalu.

    Untuk sekarang ini sudah nggak mungkin SM bongkar pasang SuJu lagi. Mereka manajemen yang baik kok. SM bisa mendebutkan bibit-bibit baru mereka sebagai grup lain. Misal EXO…Ingat ELF itu Sapphire Blue Ocean. ELF itu kuat! Tak ada yang bisa menghalangi kecintaannya pada idolanya.
    Jadi, ONLY 13 itu lahir bukan karena salah Henry dan Zhou Mi jadi ELF tidak salah jika mengaku SJ ber15. Ini cuma masalah resmi tak resmi alias kontrak. Kalau mereka sedang ber-15 pun mereka tetap ber-15 tanpa perlu adanya pengakuan kontrak manajemen. Toh, Tak ada idola yang dicampakkan fans sendiri, ya kan?

    Kalau disuruh memilih, aku pilih SJ ONLY15 alias 15believer. Tak Kurang, Tak Lebih, Dan TAK TERGANTIKAN. Dari dulu sampai sekarang. Hangeng tetap Hangeng, Kibum tetap Kibum, Kangin tetap Kangin Heechul tetap Heechul. dllnya. Bagaimana?

    ELF punya kekuatan. ELF pun bisa membuat SuJu cuma ber15 SELAMANYA….
    Mungkin ELF bisa membuat Hangeng kembali dengan syarat Henry dan Zhou Mi gabung…Ya kan? Apapun bisa jika kita mau…

    Ingat! Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi jika kita tidak berbuat, karena keadaan akan selalu berubah, kita yang dikendalikan atau kita yang mengendalikan…Tinggal tunggu waktu saja.

    1. SESUJU BANGET SAMA CHINGU 1 INI!!!! Aku juga 15Believer!! SJ ONLY15 yoo~
      ELF juga kan udah terima mimi henry, nah.. namanya mereka SJ, mereka ttp keluarga kita! buktinya, setiap SuShow kan mereka ada.. klo tdk, kenapa SM ga buat sendiri SJM Show coba?? tidak kan? itu karena, mimi dan henry SUDAH masuk anggota Super Junior ^^
      -peace-

  10. pkk ny gue dukung ONLY13 🙂 member inti ga bole terpecahkan 😀
    “13 is a group and 15 is a family” !

  11. Tuh kan Kebukti…Baru setahun berjalan semua sudah berubah…Poin 1-5 sdh tdk sesuai lagi sama jaman sekarang.

    Ingat!
    Jaman itu selalu berubah, g seperti yg kita Qra. Sekarang ELF bukan cuma dikendalikan K-ELF atau C-ELF, tapi ELF seluruh dunia…SuJu itu milik ELF seluruh dunia. Sekarang ELF yg pegang kendali bukan SM. SuJu bukan BB kemaren sore. Suju g bs lg dBgkar pasang atau diganti personil seenaknya lagi sm SM. Cinta ELF dan Cinta personil SuJu pada Henry n Zhoumi sdh makin kuat sekarang. Dulu ada penolakan karena mereka menganggap Henry n Zhoumi orang asing, mereka msh takut sm hukum kontrak2nya SM karena dulu kita msh dibawah. Sekarang sudah beda. SuJu bukanlah SuJu yg dulu. SuJu sudah jadi BB besar. SM pun sdh mengakui, SuJu bukan lg project boyband lagi. Nasib para personil sekarang sudah jelas di Super Junior.

    Kita semua tahu Leeteuk itu Super Junior dan Super Junior itu Leeteuk n yg lainnya juga demikian Henry itu Super Junior n Super Junior itu Henry. Jadi g usah takut lagi sama yg namanya mereka bakal diganti2 sama SM. Tanpa SM pun mereka tetep SuJu. Kita disini mmbicarakan ikatan kekeluargaan. Jadi g ada salahnya kita melebarkan rangkulan tangan kita untuk Henry n Zhoumi. Kalian sendirikan sudah lihat, sekarang keakraban mereka Henry Zhoumi+member suju lain wktu super show…ELF juga menerima MV Santa U Are The One kan? G ada yg dipermasalahkan kan?

    Istilah Only13 itu kuno, menimbulkan efek negatif malah.Orang yg mengaku ELF yang mendukung Only13 terbukti melakukan diskriminasi. Mereka bilang mereka tidak menolak Henry Zhoumi, tapi kenyataannya? Mereka tidak menganggap Henry Zhoumi adalah juga bagian dari Super Junior. Yang mereka bahas dari Super Junior hanya dari Leeteuk sampai Kyuhyun saja, tak ada satupun kata yang membahas tentang Henry Zhoumi. Bukannya tu termasuk penolakan? Aku sedih tiap baca “I Love Super Junior from Leeteuk-Kyuhyun”…Pdhl only13 sendiri bilang “13 as a group, 15 as a family”. Kl dirujuk sama kata2 tadi, mana? Mana buktinya? Apa mereka nyebut Henry Zhoumi td? Seharusnya maksd 13 as a group, 15 as family kan kita (ELF) masih mencintai Henry Zhoumi n tidak mengabaikan mereka. Walaupun super junior itu cuma 13. Coba kl kalian jd Henry/Zhoumi denger kata 13 as a group, 15 as family tu ju2r, pahit. Tapi? mereka g mempermasalahkan. Mereka sebenernya jg pingin jd bagian dr group. Mereka juga pingin diteriaki sebagai super junior diatas panggung bersama member yang lain.

    Seharusnya yg kita pertahankan sekarang adalah Only15. Kita tak ingin lagi SuJu berkurang apalagi bertambah, Cukup Only15. Hanya 15. 15 orang dengan ikatan kekeluargaan yg kuat bukan ikatan kontrak begitu juga dengan ELF. Kemanapun mereka pergi, dipundak mereka menyandang nama SUJU tak peduli di manajemen mana mereka bernaung. ELF juga harus tetap mendukung mereka, apapun mereka, solo atau group, Henry, Zhoumi dan yang lainnya tetap harus diasamakan, mereka punya hak yang SAMA untuk menerima cinta dan dukungan para ELF.

    1. Menurutku lebih baik dsebut suju 13+2 krn bagaimanapun kita harus ttp mnghormati elf yg berjuang mati2an utk prthankan member suju, kita elf yg skrg tnggL mnikmati hasilnya, sedangkan bgaimna sulitnya dulu kita tdk tahu…aku sangt mncintai hendry n mimi seperti mencintai member suju lain tanpa prbedaan, elf sluruh duniapun sperti itu..mndukung tanpa ada prbedaan, bisa dilihat d tiap sushow elf
      memberikan banyak cintA yg sama spt member yglain.. ttg angka 13 atau 15 itu hanyalah angka…tidak menjadikn elf
      mendukung & menyebut nMa mreka dgn penuh cinta

  12. ah bener tuh im Proud To be Only 13
    saya mencinta i mereka karna mereka terlahir 13 dan saya mengagumi mereka karna meraka Bintang 13.
    i Love Super Junior …..
    ngak mau ngajak ribut ngak ada yg bisa ngerobohin pendoman gue “ONLY 13”
    Gue cuma nurut Idola GUe Super Junior bukan Temen ELF gue……!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s