the secrets of SUPER JUNIOR [Chapter 1 Part 2]

Tolong jangan ambil postingan ini dan copy-paste ke tempat lain. Kalau kalian mau silahkan link-back ke postingan ini karena untuk mendapatkan ijin translate gue harus PM langsung ke author-nya. Terima kasih atas pengertiannya.

Buat yang udah penasaraannnnn. Finally bisa diposting juga part ini setelah perjuangan keras. Mau sedikit sombong ahh, part ini murni nerjemahin sendiri nggak pake transtool (bukan sombong tapi emang sekalian pengen improve kemampuan bahasa inggris juga) jadi mohon maaf kalau ada yang kurang akurat dan typo. Buat yang baca, komen plis.

Prologue + Chapter 1 Part 1

INI BUKAN SEBUAH BUKU RESMI YANG SETUJUI OLEH SM / AVEX. LIHAT INI LEBIH SEBAGAI FAN POV.

Disclaimer: Penulis tidak menghasilkan uang dengan menerjemahkan buku ini sedikitpun. Dia melakukannya sebagai seorang penggemar untuk penggemar karena dia pikir ada orang yang tidak mengerti bahasa Jepang tapi ingin mengetahui lebih banyak tentang buku ini dan apa isinya.

Chapter 1 Part 2

Ps : Kalian mungkin akan menemukan ada beberapa nomor yang terlewati. Aku tidak tahu apakah itu kesalahah penerbitan atau beberapa bagian sengaja dihilangkan. Jadi aku hanya mengikuti nomor yang kulihat di buku.

8) Konser Sung Si Kyung
Ini adalah yang lainnya tentang Kyuhyun. Dia adalah penggemar berat dari Sung Si Kyung (Sung Si Kyung adalah penyanyi terkenal Korea diantara wanita berumur 20 tahun keatas). Kyuhyun pergi ke konsernya. Tentu saja, dia pergi sebagai salah satu penggemar dari Sung Si Kyung dan dikelilingi banyak orang yang tak satu pun menyadari kalau itu adalah dia, Super Junior Kyuhyun disana. Karena masalah ini dia mendengar ada keluhan tentang ini di Radio: “Perhatikan orang-orang disekitarmu juga!!”

Walaupun dia pergi ke konser sebagai penggemar, untuk tidak bisa dikenali sebagai superstar tentulah dia harus agak menyendiri.

9) Jangan berani mengganggu anakku!
Penggemar yang memiliki kesempatan bertemu Ibu Yesung kemungkinan tahu tentang kejadian ini.

Orang tua Yesung memiliki restoran di Hongdae Seoul (lebih legkap di chapter Yesung). Penulis pergi ke restoran dan melakukan obrolan dengan Ibu Yesung tentang anaknya. (sayangnya, wawancara ini tidak bisa dipublikasikan di buku).

Ada member yang suka menggoda dan terkadang mempermainkan (dalam artian lucu-lucuan ya) Yesung. Benar, tidak lain tidak bukan si raksasa, Kangin. Yang sebenarnya dikatakan, tidak sepenuhnya Kangin benar-benar menggoda Yesung, tapi selebihnya adalah menunjukkan kasih sayang dan persahabatan dengan Yesung. Kangin menggoda Yesung di radio.

Sepertinya Kangin mendapatkan telepon dari ibunya Yesung dan diomeli olehnya tentu saja! Benar-benar hak istimewa seorang Ibu! Tapi sebenarnya, antar member Super Junior sangatlah dekat, dan mereka bahkan dekat dengan orang tua member lainnya juga. Bagi Ibu Yesung, Kangin haruslah seperti salah satu anaknya dan dia memiliki pemikiran, “Sesama saudara tidak boleh saling menggoda satu sama lain!” ketika dia menelepon Kangin.

10) Hak istimewa seorang Ibu di semua rumah tangga?!
Ini adalah cerita lucu lainnya yang secara luas diketahui penggemar.
Salah satu yang dikatakan memiliki tubuh yang kuat dan perkasa, Kangin.

Mungkin ini karena dia melatih tubuhnya, atau secara alami cara untuk memulainya; di salah satu kasus, ayah Kangin mengatakan untuk menjadi salah satu jagoan yang paling berpengaruh dalam hidupnya. Di Korea, nilai konfucianism (kayaknya lairan silat gitu (eh) lebih kuat dari di Jepang, dan tidak hanya Kangin, tapi banyak juga yang lain, anak-anak yang tidak disangka melawan keinginan orang tua mereka dan ini tidak diketahui kalau anaknya tidak mendengarkan apa yang orang tua mereka katakan. Tipe pemikiran seperti ini dan /atau moral keluarga tetap sangat kuat di Korea.

Jadilah, untuk Kangin, orang tuanya tidak ingin hanya menjadi individual dia hormat dan bersikap, tapi terkadang, kuat untuk memberi perhitungan.

Sepertinya itulah kenapa ketika Kangin muda, dia sekali menyaksikan ibunya melakukan gaya taekwondo tendangan roundhouse (mungkin nama tendangannya, nggak tahu juga). Setelah itu, dia lebih takut pada ibunya daripada ayahnya! Seorang ibu melakukan tendangan roundhouse?! Kurasa mungkin tendangan roundhouse ayahnya akan menakutkan!

11) Huh! Tidak ada?
Pada fanmeeting untuk memperingati 3 tahun Super Junior sejak debutnya, member berharap kalau ada sesuatu yang dipersiapkan penggemar. “Kalian mempersiapkan sesuatu kan? Kami akan memberikan kalian waktu untuk menunjukkannya, jadi lakukanlah!”

Tetapi, sepertinya memang tidak ada penggemar yang mempersiapkan apapun untuk mereka. Kasihannya.

12) Kejadian Stroberi
Ryeowook, salah satu yang terlihat diantara member lain seperti seorang ibu memanjakan anak-anaknya; salah satu yang bisa merasakan kepuasan hanya dengan melihat member lain makan makanan yang dia persiapkan untuk mereka, salah satu kebaikan yang sebenarnya. Tetapi, ada satu hari dimana Yesung merasa berfikir untuk “Aku ingin membunuhmu!” pada member manis dan bijaksana ini.

Pendengar dari acara radio Yesung sebelumnya “Miracle for You” mungkin sudah mendengar cerita ini.

Ketika Ryeowook dan Donghae makan stroberi di dorm, Donghae berfikir mengajak Yesung untuk bergabung bersama mereka dan memanggilnya. Mungkin karena jumlah stroberi akan berkurang jika Yesung bergabung bersama mereka, tapi Ryeowook berkata seperti ini; “Tidak masalah hanya kita berdua yang makan! Kenapa kamu mau memanggilnya juga?~”

Ryeowook menyangkal kalau pernah mengatakan itu tapi Yesung terus-menerus merasa cukup sedih mendengarnya, dan pada saat yang bersamaan, dia berfikir “Gah! Aku ingin membunuhnya!”

Mungkin ini adalah salah satu kasih sayang yang dalam kalau Yesung, sebagai hyung merasakan tentang dongsaeng-nya Ryeowook, dan merasa cemburu dengan pemikiran “Kenapa dirimu hanya baik pada Donghae?!”

13) Gurauan nakal Ryeowook
Ini adalah situasi yang terjadi di suatu hari. Ryeowook dengan terburu-buru berlari ke arah Leeteuk dan berseru “Hyung! Eunhyuk hyung sudah gila! Dia membawa PEREMPUAN masuk ke dorm!” Membawa perempuan masuk ke dorm SM Entertainment adalah hal yang terlarang dan  sebenarnya tidak perlu ditanyakan lagi! kalau skandal itu terjadi…

Leeteuk sangat geram. “Tidakkah dia tahu bagaimana pentingnya saat ini untuk kita?! Apa yang dia pikirkan tentang kelakukannya?!” Dengan menggeret seluruh member, mereka naik ke lantai atas dari dorm. Dan tentu saja, mereka menemukan sepasang sepatu wanita di pintu masuk!

“Ini tidak termaafkan!” adalah yang dipikirkan dalam benak setiap member, dan mereka menuju ke kamar Eunhyuk. Perempuan yang mereka lihat ketika pintu terbuka adalah~

Ibunya Eunhyuk yang datang mengunjungi dan memberikan semangat untuk anaknya!

Ah~ lelucon apa yang dimainkan Ryeowook pada hyungnya. Jadi banyak orang yang tertipu dengan gurauan anak nakal ini!

14) Lakukan-atau-mati Yesung!
Setiap orang, sebagai pelajar ada saat dimana kalian mewarnai rambut kalian? Tentu saja, setiap sekolah memiliki peraturan yang harus dipatuhi semua siswa, dan beberapa sangat ketat tentang rambut yang diwarnai dan gondrong, terutama untuk anak laki-laki. Sekolah Korea bahkan lebih ketat dari Jepang dan mewarnai rambut berarti melawan peraturan.

Ini adalah waktu saat Super Junior Yesung mewarnai merah rambutnya. Dia tau dia akan mendapatkan masalah di sekolah dengan rambut berwarna itu, jadi untuk menghindarinya, dia menggunakan helm dan masuk kelas seperti itu. Ketika gurunya melihat dia dengan helm, dia berkata pada Yesung untuk “Buka helm-nya” dengan nada memperingatkan.

Yesung memaksa otaknya memikirkan sesuatu untuk membalas itu, dan berdiri dengan: “Kepalaku terlalu besar jadi aku tidak bisa melepaskan ini!” Kelihatannya hal seperti itu menjadikan dia legenda di sekolahnya sekarang.

15) Sikap karismatik Siwon
Tinggi 183cm dengan tubuh terpahat dan wajah yang tampan dengan senyuman manis, dia adalah anak dari presiden dari perusahaan perdagangan. (Seseorang mengatakan kalau dirinya tidak sekaya yang dibayangkan) Beberapa memanggilnya dengan Siwon “lelaki sempurna”, tapi dirinya sendiri mereasa tetap ada beberapa bagian kekurangan dirinya.

Ini terjadi selama sesi latihan dance  untuk Super Junior.

Tiba-tiba, terdengar suara “BANG!” dari dinding. Rupanya dengan muka merah, Siwon yang marah menonjok dinding dengan emosi dan masih dengan ekspresi geram di wajahnya, meninggalkan ruang latihan. Member yang lain bingung, saling bertanya “Apa yang terjadi?” dan “Apakah seseorang melakukan sesuatu yang membuatnya marah?” Akhirnya mereka menemukan Siwon dan menanyakan padanya “Ada apa?” yang mana dijawabnya dengan helaan napas.

“Aku tidak bisa mengingat gerakan dance-nya.. Kenapa walaupun aku telah melakukan semua yang kubisa, aku tetap tidak bisa mendapatkan peningkatan kemampuan menariku?”

Ini semua karena tubuhnya tidak bergerak sesuai dengan keinginannya dan menjadi marah pada dirinya sendiri.. tapi karena dia ingin menari dengan baik untuk penggemarnya, dia melanjutkan dengan menyiksa dirinya. Mungkin karena usaha yang  tak terhitung yang dia lakukan untuk semuanya; itulah kenapa Siwon dikatakan menjadi yang paling berkarisma di Super Junior.

16) Donghae…itu sungguh buruk sekali!
Kekuatan 3 penyanyi di Super Junior menjadikan subunit: Super Junior K.R.Y. Ini adalah kejadian yang terjadi antara leader K.R.Y. Yesung, dan Donghae yang tidak beruntung.

Suatu hari ketika Yesung mendengarkan lagu K.R.Y., Donghae datang menuju kamar Yesung.

“Wow, hyung! Ini adalah lagu yang mengagumkan! Siapa yang menyanyikan ini?” Donghae yang lugu bertanya. Untuk itum Yesung hanya bisa menjawab “…ini lahu kami…”

Untuk berfikir, salah satu member bertanya pada yang lain “siapa yang menyanyikan lagu ini?..” Oh Donghae.

20) Lakukan sesuatu seperti itu untuk Heenim…?
Heenim geram..

Mungkin ini bisa terjadi pada salah satu diantara kalian sebelumnya; ketika kalian di jalan dan kalian melihat artis yang kalian suka, kallian akan mengatakan “Ah! Dia ___!” tanpa menggunakan sebutan kehormatan.

Ini terjadi pada event fansign. Ada penggemar Heechul yang mencoba sangat keran untuk mendapatkan perhatian Heechul jadi dia berteriak namanya. Tentu saja, itu karena dia ingin Heechul melihatnya. Dia tetap berteriak “Kim Heechul! Lihat kesini! Kim Heechul!”

Ketika Heechul mendengar itu, dia menuju ke arah penggemar tersebut dan mengomelinya saat itu juga lalu “Hey! Berapa umurmu! Apa yang kau pikirkan menggunakan bahasa tidak sopan seperti itu! Apa kau lebih tua dariku?!” ocehnya.

Tidak pebuli seberapa besar keinginan agar artis yang mereka sukai menyhadari kehadiran mereka dan melihat kearah mereka dengan memanggil namanya tanpa menggunakan bahasa sopan, tetaplah penting untuk mengingat perilaku kita. Kejadian serupa pada pemain baseball, Matsuzaka. Ada grup anak laki-laki yang mengelilinginya dan mengatakan “Itu Matsuzaka~” dan dia menjawab dengan kaku”Untukmu seharusnya Matsuzaka-SAN.”

Melihat seseorang yang kalian kagumi dihadapan kalian atau ketika kalian memberikan semangat pada mereka terkadang bisa menyebabkan kita lupa siapa diri kita sendiri, tapi kita tidak boleh lupa dengan sopan santun. Lain kali, kalau kalian memanggil Heechul, jangan lupa, paling tidah gunakan “-ssi” setelah namanya.

21) Aku, Kyuhyun merasa sangat kesepian…
Ini terjadi tahun 2007 ketika member Super Junior mengalami kecelakaan. Di Oliympic Road, Banbo Bridge di jalan pulang dari sesi tengan malan SUKIRA, ban van mengalami kebocoran, dan van terhempas ke pembatas.

Saat itu, member yang berada dalam kendaraan adalah Leeteuk, yang menderita luka-luka dan goresan dari pecahan kaca; eunhyuk dan Shindong yang menderita luka memar…dan yang paling parah, Kyuhyun. Dia mengalami patah tulang iga dan tulang panggul, dan juga mengalami pneumothorax karena patahan tulang iga-nya masuk ke paru-paru.

Ketika penggemar mendengar berita ini, tidak hanya penggemar Korea, tapi penggemar dari negara lain mengirimkannya banyak pesan dan surat agar dia cepat sembuh ke rumah sakit. Lali, saat ketika lukanya hampir pulih…Kyuhyun yang ingin memberikan kejutan pada member lainnya kalau dia merasa berterima kasih, kembali ke dorm tanpa memberitahukan siapapun.

Tentu saja dia ingin mengatakan “Ta-Da! Aku kembali!” dengan wajah sedang pada member lainnya. Sayangnya, tidak seorang un ada di rumah saat itu. Kasihan.

22) Si lucu Shindong
Yang satu ini adalah tentang Shindong, yang selalu lucu, dan yang selalu bisa mencairkan suasana dan datang dengan cerita lucu. Tubuhnya yang gendut dan kepribadian yang baik, dan juga hangat pada penggemar, itulah kenapa dia sangat dicintai, dan manjadi bagian dari pesonanya.

Ini adalah saat ketika penggemar Shindong melihatnya. Shindong melewati penggemar itu, dan penggemar itu berseru padanya.
“Oppa! Saranghae!”

Shindong berbalik dan berpura-pura berbisik padanya “Shh! Cinta harus dikatakan dengan berbisik, tidak diteriakkan~”

Jenaka. Tidak mengherankan dia mendapatkan posisi satu untuk audisi kategori komedian; selera humornya, dia menggunakan kata-kata dan bahkan reaksi yang baik pada penggemar!

23) Aku, Yesung uh…
Yesung punya banyak penggemar – beberapa tertarik padanya karena suaranya yang cantik; yang lain karena kepribadiannya yang unik.

Ini adalah kejadian yang terjadi sebelum mereka debut.

Dia ditemukan berdiri di tepi jalan, menatap kosong ke angkasa. Ada penggemar yang menyadarinya – salah satunya karena mereka mengikutinya dari awal, atau mereka hanya menyadarinya disana ketika melihatnya lewat. Penasaran apa yang dilakukannya disana, penggemar itu bertanya padanya; “Oppa! Annyeong haseyo! Apa yang kau lakukan disini?”

Jawaban yang tidak diduga dari Yesung adalah ini-
“Uh…Aku lupa dimana dorm berada”

Pada akhirnya, penggemar itu menunjukkan padanya jalan kembali ke dorm. setelah itu, banyak pertanyaan muncul, seperti: kenapa dia tidak menghubungi member yang lain? dan bagaimana penggemar bisa memberitahukan semua jalan kembali pulang ke dorm…?

Sepertinya dia membawa naluri ibu pada penggemar!
(Ps : LOL Yesung yang bodoh sangat menawan)

24) Aku melakukannya lagi…
Ketika penulis menemukan kejadian ini, dia berkata “Lagi?”. Benar, Yesung melakukannya lagi.

Ini ketika Yesung berjalan bersama penggemar (yang sebenarnya adalah penggemar yang mengikuti yesung…)

Dia tiba-tiba berhenti berjalan dan dengan ekpresi terkejut di wajahnya. Penggemar di sekitar melihat ekspresinya dan bertanya padanya “Ada masalah?”. Jika kalian sudah membawa sampai bagian ini, mungkin kalian sudah tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.

Jwabannya adalah “Aku lupa jalan kembali ke dorm”.

Ah, dia melakukannya lagi. Saat itu, mungkin sepertinya masalah bagi artis dengan penggemar yang membuntuti mereka, tapi kenyatannya dalam kasus Yesung, itu cukup beruntung karena ada penggemar disekitarnya yang memandunya kembali pulang!

25) Apa yang milikmu adalah milikku!
Ini adalah cerita tentang pergumulan antara raksasa Super Junior, Kangin, dan penggemar.

Penggemar menunggu diluar gedung SM Entertainment dengan snack yang diharapkan bisa diberikan pada member yang keluat. Ketika Kangin melihat penggemar, dia berfikir kalau snack itu untuknya, jadi dia mengambil dari penggemar itu dan mengatakan “Terima KAih” dan pergi.

Tapi penggemar itu tidak berniat memberikannya pada Kangin – jadi dia merampasnya kembali!

Astaga, dia merebut snack itu kembali dari Kangin? (Ps : Dia benar-benar mengambil kembali snack dari kangin? Aku bisa membayangkan apa yang terjadi sesudahnya)

26) MY COLAAAAA!!!!!!
Ini terjadi ketika Super Junior melakukan photoshoot.

Saatnya giliran Siwon untuk difoto, jadi dia meninggalkan Coke yang telah diminum setengah, tapi ketika dia kembali, sudah habis. Di hampir setiap waktu, Siwon itu tenang dan colleted, dan tipe pendiam. Itulah yang terlihat di TV akan tahu bagaimana dewasanya dia terlihat dan bersikap. Tapi yang biasanya sangat sopan santun and lemah-lembut tiba-tiba:

“Dimana Cola ku? Kemana dia menghilang? Siapa yang meminumnya! Dimana?!” dan sedikit marah.

Haruslah. Sepertinya Siwon sangat menyukai Cola.

27) Sebelum kau pulang, tirukan (suara) kodok dan monyet lagi…?
Suatu kali, penggemar meniru suara kodok dihadapan Eunhyuk. Setelah mendengar itu, dia benar-benar melihat penggemar itu dengan tatapan aneh dan bertanya “Ngomong-ngomong, apakah kau bisa menirukan monyet?” dan penggemar itu kemudian menirukan monyet.

Mungkin dia melakukannya dengan baik, karena setelah dia pergi, Eunhyuk memanggilnya dan meminta “Kumohon, bisakah kamu melakukannya lagi?”

28) Bulldog
Yesung suka berkelakar, dan juga menceritakan lelucon.

Suatu waktu, kalian bisa melihatnya berinteraksi dengan penggemar, dan lalu ada waktu ketika kalian melihatnya dengan dunianya sendiri. Cerinta selanjutnya adalah sesuatu yang terjadi pada peristiwa fansign.

Seorang penggemar berkata seperti ini pada Yesung “Temanku berkata aku seperti anjing!  Manurutmu aku mirip anjing seperti apa?”
(Ps : apakah ini pertanyaan…LOL. Mari katakan kalau seandainya aku bertemu dengan salah satu emmber secara langsung, ini TIDAK akan menajdi salah satu pertanyaan yang akan kutanyakan!)

Penggemar itu mungkin berharap kalau yesung akan mengatakan sesuatu seperti “pudel” atau “chihuahua”, atau salah satu tipe anjing kecil dan cute lainnya.

Tapi bagaimanapun, yesung tidak menjawab seperti yang diharapkan.

Ketika dia melihat wajah penggemar itu, inilah yang dia katakan:

~BULDOG~

Kemungkinan karena yesung berfikir dia adalah salah satu penggemar yang mencintainya makanya yesung mengatakan lelucon…benar kan?

Bagaimana? Jujur aja gue yang udah jadi fans mereka hampir 2 tahun ternyata masih banyak hal yang belum gue tau dari mereka *jadi malu*. Tadinya punya banyak komentar tapi udah keburu lupa duluan, jadi yang baca aja yaa yang komentar. Gomawo.

Source here
Translated by solitair@SJ-WORLD.NET/ vorrei@twitter

11 thoughts on “the secrets of SUPER JUNIOR [Chapter 1 Part 2]

  1. annyong annyong annyong…
    hehehe

    klo gw ktemu sma heechul, pst gw jg lgsg panggil nmanya,scara kan kaget jd mana sempet kpikiran sopan santun hahahaha…

  2. hahaha, trnyata bnyak bangeeet yg aku gatau ttg mreka. . . Onn, ini rencana mau dilanjut smpe part akhir ga? Aku suka bgt. . .
    Di part ini bnyak ttg yesung ya.. Haha, si oppa babo it lucu bgt..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s